Selasa, 24 April 2012

Mahabar 2012: Kompetisi Menulis Bahasa Banjar

Pada 17 Oktober 2010 telah diluncurkan sebuah ensiklopedia online dalam bahasa Banjar yaitu Wikipidia Bahasa Banjar (http://bjn.wikipedia.org).  Ini adalah Wikipedia pertama yang menggunakan bahasa yang berasal dari pulau Kalimantan. Wikipedia Bahasa Banjar (WBB) diluncurkan oleh Wikimedia Foundation setelah melewati beberapa bulan berada di incubator Wikimedia guna mendapatkan dukungan dari para pengguna Wikimedia. Serta memenuhi syarat minimal penerjemahan interface ke dalam Bahasa Banjar di translatewiki.net.

Setelah menjalani waktu dan memasuki tahun kedua di tahun 2012 ini WBB berencana mengadakan kompetisi menulis bertajuk Mahabar 2012 (manulis dalam bahasa Banjar 2012). Kompetisi ini akan dimulai pada bulan Juli 2012. Direktur dari pelaksanaaan proyek Mahabar 2012 ini adalah Muhammad Rizali Rizqan, seorang mahasiswa fakultas hokum universitas Lambung Mangkurat dan Arief Rahman sebagai panitia inti, yang juga merupakan pengurus WBB.
Kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan kontributor aktif WBB ini akan diadakan selama 3 bulan. Karya dan aktivitas para peserta akan dinilai secara periodik oleh para juri yang terdiri dari gabungan panitia, dosen dari Universitas di Banjarmasin, dan juga perwakilan dari pengguna WBB. Kompetisi ini akan dimulai dengan pelatihan kepada semua peserta sehingga mereka dapat menulis sesuai standar Wikipedia.
Untuk penjelasan rinci silakan kunjungi Mahabar_2012

Balikpapan, 24 April 2012

4 komentar:

  1. berbagi kata-kata motivasi gan :D
    --Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
    --melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
    --orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
    --seharusnya dilakukan saat muda.

    salam kenal yah, ku tunggu kunjugan baliknya dah :)

    Reply

    BalasHapus
  2. Terimakasih sdh mau berbagi

    BalasHapus
  3. kegiatan iniu terpaksa diundur sementara waktu, seusai saya menyelesaikan skripsi T_T, sangat disayangkan... Semoga bisa dilanjutkan dikemudian hari, amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas info nya.. mohon saya diberi update..

      Hapus