Senin, 31 Januari 2011

Investasi, mengapa harus?

Tentu ada banyak teman-teman yang ingin sekali untuk memulai investasi. Tapi hanya sedikit yang memahami atau mengenali mengapa harus melakukan investasi. Sebagaimana menabung di Bank, investasi adalah bentuk lain dari menunda pengeluaran dari pendapatan yang kita terima. Pada dasarnya menabung di Bank pun adalah bentuk dari investasi.
Bentuk penundaan pengeluaran di sini memungkinkan kita untuk membeli barang-barang dengan harga yang cukup tinggi. Tentu saja dibutuhkan kesabaran, kedisiplinan
dan kemampuan mengevaluasi hasil investasi sehingga sebuah tujuan keuangan tertentu dapat dicapai sesuai waktu yang diinginkan.
Salah satu investasi yang banyak dibicarakan orang saat ini adalah investasi reksadana. Reksadana adalah pengumpulan dana investor dalam satu wadah untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen keuangan sesuai jenisnya dengan risiko dan hasil yang bervariasi. Ada yang risiko tinggi yang mempunyai peluang hasil tinggi pula dimana kumpulan dana investor diinvestasikan ke instrumen saham oleh manajer investasi. Ada yang berisiko menengah dimana dana yang tekumpul dibagi persentasinya ke instrumen saham, obligasi atau pun deposito. Ada pula yang memiliki risiko rendah yang diinvestasikan ke efek piutang atau deposito.
Kita dapat menentukan terlebih dahulu apa tujuan investasi, berapa lama akan dicapai, kemudian dapat menentukan ke mana dana yang ada diinvestasikan sehingga dapat mencapai nilai yang diinginkan.

Untuk tujuan investasi dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun Anda dapat memilih investasi reksadana jenih pasar uang/deposito yang memiliki risiko rendah sehingga hasil yang dicapai kemungkinan kecil berkurang.

Untuk tujuan investasi 5-10 tahun risiko menengah dapat diambil dimana setiap satu tahun Anda dapat mengevaluasi hasil dan dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Untuk tujuan investasi dengan jangka yang lebih panjang jenis risiko tinggi dapat diambil. Tentu saja evaluasi dapat dilakukan per tahun agar tujuan pencapaian hasil investasi dapat dipenuhi.

Selamat berinvestasi...

Melak, 31 Januari 2011

2 komentar:

  1. oyi pak joe.......................


    mantap bos,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas kunjungannya, kang joe123

    BalasHapus